Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Auditor(Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Provinsi Bali)

Authors

  • Komang Alit Trijayanti .
  • Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak. .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.5232

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti secara empiris: (1) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja auditor, (2) pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja auditor, dan (3) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja auditor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor Kantor Akuntan Publik di Bali tahun 2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah auditor pada Kantor Akuntan Publik (KAP) yang terdapat di Provinsi Bali sebanyak 63 auditor. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 19. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja auditor, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja auditor, dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja auditor.
Kata Kunci : Kata kunci: gaya kepemimpinan, kepuasan kerja, motivasi kerja, dan kinerja auditor.

This study was aimed at finding empirical evidence on (1) the effect of leadership style on auditor’s performance, (2) the effect of job satisfaction on auditor’s performance, and (3) the effect of work motivation on auditor’s performance. This was a quantitative study using data collected by questionnaires and measured using Likert’s scale. The population of the study was all of the auditors in Public Accountant Offices in Bali in 2015. The study use purposive sampling technique. The sample used was 63 auditors in Public Accountant Offices (KAP) in Bali Province. The study used multiple linear regression analysis to analyze the data. The data analysis was done using SPSS version 19 software. The results showed that (1) there is a positive and significant effect of leadership style on auditor’s performance, (2) there is a positive and significant effect of job satisfaction and auditor’s performance, and (3) there is a positive and significant effect of work motivation on auditor’s performance.
keyword : Keywords: leadership style, job satisfaction, work motivation, and auditor’s performance.

Published

2015-07-21

Issue

Section

Articles