PENGARUH STRES KERJA, MOTIVASI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN KOPERASI (Studi Kasus pada Koperasi di Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Made Edy Sutawan .
  • Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak. .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.5234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja, motivasi dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan pada koperasi yang berada di kabupaten buleleng. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 330. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah responden adalah 39 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui penyebaran kuesioner secara langsung. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan pengujian data yang dilakukan dengan dibantu oleh program SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, (2) motivasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, (3) sistem pengendalian intern berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, (4) stres kerja, motivasi dan sistem pengendalian intern memiliki efek yang kuat akan kualitas laporan keuangan koperasi di Kabupaten Buleleng.
Kata Kunci : Stres kerja, Motivasi, Sistem Pengendalian Intern

This study was aimed at finding out the effect of work stress, motivation and internal control system on the quality of financial report. This study used quantitative design. The number of population was 330. The sampling technique used was purposive sampling with 39 respondents. The data source was primary source. The data were collected using survey method by distributing questionnaires directly. The data analysis methods used were multiple linear regression analysis and the testing of the data was done using SPSS 18. The results showed that (1) work stress has a significant effect on the quality of financial reports, (2) motivation has a significant effect on the quality of financial reports, (3) internal control system has a significant effect on the quality of financial reports and (4) work stress, motivation and internal control system have a stong effect on the quality of financial reports of the cooperatives in Buleleng regency.
keyword : Work Stress, Motivation, Internal Control System

Published

2015-07-21

Issue

Section

Articles