Pelaksanaan Pedoman Perkreditan Dalam Proses Pemberian Kredit Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Kredit Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Nusamba-Tegallalang

Authors

  • Ni Kadek Asri Utami .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.5236

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pedoman perkreditan dalam proses pemberian kredit sebagai upaya meningkatkan kualitas kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Nusamba-Tegallalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berlokasi di PT. BPR Nusamba-Tegallalang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan para pejabat kredit, dokumentasi berupa file kredit, observasi, serta didukung oleh kuesioner dengan responden yaitu nasabah peminjam dengan realisasi kredit periode Juli 2014 sampai Desember 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Proses pemberian kredit yang dilakukan oleh PT. BPR Nusamba-Tegallalang sudah baik yaitu 90,74% berdasarkan pedoman yang ada, namun masih ada beberapa pertimbangan karena kebijakan internal perusahaan, (2). Kemampulabaan PT. BPR Nusamba-Tegallalang sudah terjadi progres peningkatan dengan posisi laba per Desember 2013 sebesar Rp 269.052.000,- dan per Desember 2014 sebesar Rp 638.128.000,- dari sebelumnya pada tahun 2011 sampai tahun 2012, bank masih mengalami kerugian, (3). Dalam melakukan analisa kredit terhadap permohonan calon debitur, petugas analis kredit PT. BPR Nusamba-Tegallalang belum sepenuhnya melakukan antisipasi terhadap berbagai kemungkinan perubahan perekonomian calon debitur dan persaingan bisnis sehingga masih menjadi salah satu penyebab terjadinya kredit bermasalah yaitu sebesar 2,23%, (4). Produktivitas perusahaan masih kurang baik, tercermin dari laba yang diperoleh PT. BPR Nusamba-Tegallalang masih dibawah anggaran yang ditetapkan perusahaan.
Kata Kunci : Pedoman perkreditan, proses pemberian kredit, kualitas kredit, Bank Perkreditan Rakyat.

Abstract This study was aimed at finding out the implementation of loan manual in the process of lending as an effort to improve loan quality in PT. Bank Perkreditan Rakyat Nusamba-Tegallalang. This study used qualitative approach and was located in PT. BPR Nusamba-Tegallalang. The data collection methods used were an interview with the loan officer, documentation in the form of loan files, observation, and supported by questionnaire with the respondents, i.e., customers who borrowed and whose loans were realized during the period from July 2014 to December 2014. The results showed that (1) the process of lending done by PT. BPR Nusamba-Tegallalang is good, i.e. , 90.74% based on the existing manual, but there were still some considerations based on the internal policy of the company, (2) the profitability of PT. BPR Nusamba-Tegallalang has improved with the position of profit as of December 2013 at Rp 269,052,000 and of December 2014 at Rp 638,128,000. From the previous period in which in 2011 to 2012 the bank experienced a loss, (3) in doing the loan analysis of the prospective debtors, the analyst of loan of PT BPR Nusamba-Tegallalang did not fully anticipate some possibilities of economic change of the prospective debtors and business competition so that this was still one of the causes of nonperforming loan at 2.23%. (4) the productivity of the company is still less than satisfying as shown by the profit made by PT BPR Nusamba-Tegallalang that is still below the expectation of the company.
keyword : Keywods: Loan manual, process of lending, loan quality, Bank Perkreditan Rakyat.

Published

2015-07-21

Issue

Section

Articles