PENGARUH ETIKA PROFESI AUDITOR, PROFESIONALISME, MOTIVASI, BUDAYA KERJA, DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA AUDITOR JUNIOR (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Bali)

Authors

  • Kadek Candra Dwi Cahyani .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.5496

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh etika profesi auditor, profesionalisme, motivasi, budaya kerja, dan tingkat pendidikan terhadap kinerja auditor junior. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh auditor junior kantor akuntan publik di Bali yang tergabung dalam Institut Akuntan Publik Indonesia yang berjumlah 7 Kantor Akuntan Publik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan responden yaitu auditor yang mempunyai pengalaman kerja minimal dua tahun dan sudah pernah melakukan penugasan audit. Dipilih telah bekerja dua tahun, karena telah memiliki waktu dan pengalaman untuk beradaptasi serta menilai kondisi lingkungan kerjanya, dengan jumlah 64 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Analisis data menggunakan program SPSS versi 18. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: etika profesi auditor, profesionalisme motivasi, budaya kerja, dan tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap kinerja auditor junior.
Kata Kunci : Kata kunci: etika, profesionalisme, motivasi, pendidikan, kinerja, auditor.

The study aimed at finding out the effect of audito’s professional ethics, professionalism, motivation, working culture, and level of education on the junior auditor’s performances. It was a quantitative study involving all junior auditors at seven public accountancy offices in Bali associated in the Indonesian Public Accouncy Institute. The samples were selected by using purposive sampling technique involving 64 respondents of two-year working experience auditors, and they had been assigned as auditor, since they had got enough time and experiences to adapt to the working environment. The data were collected from a primary source by distributing questionnaire directly to the respondents. The analysis was made by using multiple regression supported by SPSS software version 18. The results of the study indicated that: audito’s professional ethics, professionalism, motivation, working culture, and level of education had a partially and simultaneously significant and positive effect on the junior auditor’s performances.
keyword : ethics, professionalism, motivation, education, performances, auditor’s.

Published

2015-07-27

Issue

Section

Articles