Pengaruh Kualitas Kinerja Sumber Daya Manusia, Pengendalian Internal Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Pada Lembaga Perkreditan Desa di Kecamatan Sawan)

Authors

  • Luh Sesar Oktaviani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Putra Yasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v14i04.60247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas kinerja sumber daya     manusia, pengendalian internal dan komitmen organisasi terhadap kualitas laporan       keuangan. Penelitian ini dilakukan pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di             Kecamatan Sawan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah       metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner, yang        diukur menggunakan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh            Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kecamatan Sawan yang berjumlah 18 LPD.     Metode penarikan sampel yang dilakukan dengan menggunakan metode purposive            sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 Lembaga Perkreditan Desa    (LPD) di Kecamatan Sawan, dan diperoleh sampel sebanyak 85 responden yang     terdiri dari ketua, badan pengawas internal serta seluruh pegawai dan staf lembaga         perkreditan desa. Data kemudian dianalisis dengan beberapa analisis meliputi uji   kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan penyajian data dari program             SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas kinerja   sumber daya manusia, pengendalian internal, komitmen organisasi memiliki    pengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan.

            Kata kunci : Kualitas Kinerja Sumber Daya Manusia, Pengendalian Internal,   Komitmen Organisasi dan Kualitas Laporan Keuangan.

Downloads

Published

2023-12-09