Pengaruh Pengaruh Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) & Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Denpasar Pada Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Dharma Cahyadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anantawikrama Tungga Atmadja Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Ari Surya Darmawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v14i03.61632

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui, mengkaji, dan menganalisis pengaruh Bea Hak Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Denpasar pada masa pandemi covid-19, (2) mengetahui pengaruh dan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Denpasar pada masa pandemi covid-19, serta (3) mengetahui pengaruh Bea Hak Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Denpasar pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan hipotesis tertentu. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui website resmi Badan Pendapatan Daerah Kota Denpasar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik studi dokumen melalui mengumpulkan, membaca, menelaah, serta melakukan analisis data sekunder terkait. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dan penetapan target menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengolahan dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Bea Hak Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Denpasar pada masa pandemi covid-19, (2) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Denpasar pada masa pandemi covid-19, (3) Bea Hak Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Denpasar pada masa pandemi covid-19.

Kata Kunci : Bea Hak Perolehan atas Tanah dan Bangunan, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan, Pendapatan Asli Daerah.

Downloads

Published

2023-10-02