PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN SUKARELA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2013

Authors

  • Agung Suarnatha .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.6171

Abstract

Pengungkapan sukarela adalah pengungkapan yang dapat dengan leluasa dilakukan perusahaan sesuai kepentingan perusahaan yang dianggap relevan dan mendukung dalam pengambilan keputusan ekonomi yang akan dilakukan oleh pengguna informasi tahunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage dan likuiditas terhadap luas pengungkapan sukarela baik secara parsial maupun secara simultan dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda yang diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS 18.0 for Windows. Data yang digunakan adalah data skunder yaitu laporan keuangan perusahaan manufaktur yang diperoleh dengan mengakses di situs resmi BEI yaitu www.idx.com. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010 sampai dengan 2013. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, semua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap luas pengungkapan sukarela. Dan secara parsial, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage dan likuiditas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap luas pengungkapan sukarela.
Kata Kunci : profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, likuiditas, luas pengungkapan sukarela

Voluntary disclossure is a disclosure which could be made freely by a company on the basis of company’s relevant consideration in supporting an economic decision making which would be conducted by annual information users. The study aimed at finding out the effect of profitability, the comapny’s size, leverage, and liquidity on the voluntary disclosure either partially or simultaneously by utilizing a quantitatif approach. The data were collected from a secondary sources by using financial report of the manufacture companies by accessing the legal sites of www.idx.com. The data were analyzed by using multiple regression supported by SPSS 18.0 for Windows software. The population of the study consisted of all manufacture companies listed on the Indonesia Stock Exchange during 2010 to 2013. The involved 31 companies as the samples which were selected based on purposive sampling. The results of the study indicaed that all variables had significant effect on the voluntary disclosure simultaneously. Profitability, the comapny’s size, leverage, and liquidity had a positive and significant effect partially on the voluntary disclosure.
keyword : profitability, company size, leverage, liquidity, voluntary disclosure.

Published

2015-11-05

Issue

Section

Articles