PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN, KOMITMEN ORGANISASI, PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (STUDI EMPIRIS PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI KABUPATEN BULELENG)

Authors

  • Nyoman Juli Artana .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.6200

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi penyusuna anggaran, komitmen organisasi, penerapan teknologi informasi, dan motivasi terhadap kineja manjerial pada BPR dikabupaten buleleng baik itu secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kausal yang menguji apakan terdapat pengaruh antara variable bebas (X) terdapat variable terikat (Y). metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalan seluruh Karyawan BPR yang ada di kabupaten buleleng. Sedangkan sempel penelitian diambil dengan teknik jenuh yang mana seluruh manajer tungkat bawah dan menengah dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang nantinya hasil dari jawaban atas pernyataan di analisis dengan bantuan aplikasi SPSS V.19. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis berganda yang digunakan adalah Analisis Regresi linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh partisipasi penyusuna anggaran, komitmen organisasi, penerapan teknologi informasi, dan motivasi terhadap kineja manjerial baik itu secara parsial maupun simultan
Kata Kunci : Anggaran, komitmen, teknologi informasi, motivasi kinerja, manajerial

The aim of this study was to find out the effect of participation in budgeting, organization commitment, application of information technology and motivation on managerial performance in BPRs in Buleleng regency both partially and simultaneously. This was a causal research to investigate whether there is an effect of the independent vaiable (X) on the the dependent variable (Y). The method used was quantitative method. The population consisted of all the workers of BPRs in Buleleng regency. The sample was done using saturated sampling in which all the bottom and middle managers were used as sample. The data were collected using questionnaire and the answers to the questionnaire were analyzed using SPSS V.19. The data were analyzed using multiple linear regression analysis. The results showed that there is a positive and significant effect of the effect of participation in budgeting, organization commitment, application of information technology, and motivation on managerial performance, both partially and simultaneously.
keyword : : Budgeting, commitment, information technology, performance motivation, managerial.

Published

2015-11-05

Issue

Section

Articles