PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, PERGANTIAN MANAJEMEN, UKURAN KLIEN, OPINI AUDITOR DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP PERGANTIAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009-2013)

Authors

  • Ni Made Dwi Noviyanthi .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.6201

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial distress, pergantian manajemen, ukuran klien, opini auditor dan reputasi auditor terhadap pergantian kantor akuntan publik. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling, dengan jumlah sampel akhir 60 sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder, berupa laporan keuangan dan laporan auditan perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial distress, pergantian manajemen, ukuran klien, opini auditor dan reputasi auditor tidak berpengaruh terhadap pergantian kantor akuntan publik.
Kata Kunci : Financial distress, manajemen, opini audito, reputasi

This study was aimed at finding out the effect of financial distress, management turnover, client size, auditor opinion and auditor reputation on change of public accountant office. The sampling was done using Purposive Sampling method with the final sample size of 60 samples. The data used in this study was of quantitative type. The data came from secondary sources of financial reports and and auditing reports of property and real estate companies registered in Indonesia Stock Exchange in the 2009-2013 period. The data were analyzed using logistic regression analysis. The results showed that financial distress, management turnover, client size, auditor opinion and auditor reputation do not have an effect on change of public accountant office.
keyword : Financial distress, management, auditor opinion, reputation

Published

2015-11-05

Issue

Section

Articles