Pengaruh Social Media Influencer, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Dan Informasi Produk Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2019

Authors

  • Gusti Ayu Tunince Arianti Universitas Pendikan ganesha
  • Sunitha Devi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v14i03.62162

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media influencer, lingkungan keluarga, efikasi diri dan informasi produk terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi S1 Akuntansi angkatan 2019, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Berdasarkan metode pengambilan sampel, diperoleh sampel sebanyak 68 responden. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Data yang didapat berupa jawaban dari responden dan diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel social media influencer (X1), lingkungan keluarga (X2), efikasi diri (X3), dan informasi produk (X4) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2019 serta secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2019 .

 

Downloads

Published

2023-10-02