Pengaruh Penggunaan Aplikasi PEKENAN, Efektivitas Dana BPUM, Dan Pemanfaatan Financial Technology LAMIKRO Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Kabupaten Karangasem

Authors

  • Putu Sri Martiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v14i03.62289

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan aplikasi PEKENAN, efektivitas dana BPUM, dan pemanfaatan financial technology LAMIKRO terhadap kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah. Penelitian ini mengadopsi rancangan penelitian bersifat kuantitatif dengan instrumen dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Populasi pada penelitian ini yaitu pelaku UMKM sektor perdagangan yang berada di Kabupaten Karangasem berjumlah 24.236 UMKM. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 UMKM. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 22.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi PEKENAN, efektivitas dana BPUM, dan pemanfaatan financial technology LAMIKRO berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah.

Kata kunci : Kinerja UMKM, Penggunaan Aplikasi PEKENAN, Efektivitas Dana BPUM, dan Pemanfaatan Financial Technology LAMIKRO.

Downloads

Published

2023-10-02