Analisis Sistem Pengendalian Internal dalam Pemberian dan Pengawasan Kredit Pada Lembaga Keuangan Mikro (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam LEPP-M3 Putra Mina Samudra)

Authors

  • Claudia Anastasia Hadi .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.6232

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prosedur pengendalian internal sudah efektif dan memadai, (2) kendala-kendala yang dihadapi pada penerapan pengendalian internal dalam pemberian dan pengawasan kredit, (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi pada penerapan pengendalian internal dalam pemberian dan pengawasan kredit. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 2 jenis data yaitu: data primer dan sekunder. Data yang diperoleh akan dianalisis untuk ditarik kesimpulan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Koperasi Simpan Pinjam LEPP-M3 Putra Mina Samudra, objek dalam penelitian ini adalah prosedur pemberian kredit, pengawasan kredit dan upaya yang dilakukan ketika terjadi kredit macet pada Koperasi Simpan Pinjam LEPP-M3 Putra Mina Samudra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prosedur pengendalian internal dalam pemberian dan pengawasan kredit pada KSP LEPP-M3 Putra Mina Samudra sudah di terapkan dengan baik, (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam pemberian dan pengawasan kredit adalah Bad Character, menurunnya usaha debitur, kebangkrutan, (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi ada 2 jenis yaitu: Resceduling dan Restructuring.
Kata Kunci : Pengendalian Internal, Pemberian, Pengawasan Kredit

This study was aimed at finding out (1) whether the procedure of internal control has been effective and sufficient; (2) the constraints faced in implementing internal control in lending and loan supervision and (3) the effort made to overcome the contstraints in implementing internal control in lending and loan supervision in lending and loan supervision. The data collection techniques used were interview and document study. This study used two kinds of data, namely primary and secondary data. The data obtained were analyzed to draw a conclusion. The approach used was a descriptive qualitative one. The subject was Koperasi Simpan Pinjam LEPP-M3 Putra Mina Samudra and the object was the procedure of lending and loan supervision and efforts made when there was a nonperforming loan in Koperasi Simpan Pinjam LEPP-M3 Putra Mina Samudra. The results showed that (1) the procedure of internal control in lending and loan supervision in KSP LEPP-M3 Putra Mina Samudra has been implemented well, (2) the contstraints faced in lending and loan supervision is bad character, decrease of the debtors’ businesses, bankrupts and (3) the efforts made to overcome the constraints were rescheduling and restructuring.
keyword : Internal Control, Lending, Loan Supervision

Published

2015-11-06

Issue

Section

Articles