PENGARUH INDEPENDENSI, AKUNTABILITAS, PROFESIONALISME, DAN MOTIVASI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Bali)

Authors

  • Nyoman Dewi Purnawati .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.6233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh independensi, akuntabilitas, profesionalisme, dan motivasi auditor terhadap kualitas audit.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor eksternal yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Bali. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah auditor eksternal pada Kantor Akuntan Publik di Bali sebanyak 35 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden dan diukur dengan menggunakan skala likert Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dan pengujian data yang dilakukan dibantu dengan program SPSS versi 19 Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara parsial independensi, akuntabilitas, profesionalisme, dan motivasi auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit. Secara simultan, independensi, akuntabilitas, profesionalisme, dan motivasi auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.
Kata Kunci : akuntabilitas, kualitas audit, independensi, motivasi auditor, profesionalisme

This study was aimed at finding out the effect of auditor’s independency, accountability, professionalism, and motivation on audit quality. This study was a quantitative research. The population consisted of all external auditors with Public Accounting Offices in Bali. This study used purposive sampling technique to collect the data. The sample used was all of the 35 respondents. The data source was primary data. The data were obtained from questionnaire that was distributed directly to the respondents and were measured using Likert scale. The data were analyzed using multiple linear regression analysis and the testing of the data was done using SPSS version 19 program. The result showed that partially auditor’s independency, accountability, professionalism, and motivation have a positive effect on audit quality. Simultaneously, auditor’s independency, accountability, professionalism, and motivation have significant effect on audit quality.
keyword : auditor’s accountability, audit quality, independency, motivation, professionalism

Published

2015-11-06

Issue

Section

Articles