PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR, ETIKA PROFESI, PENGALAMAN AUDITOR DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Bali)

Authors

  • Luh Wulan Eviantari Dewi .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.6234

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti secara empiris Pengaruh Profesionalisme auditor, Etika Profesi, Pengalaman Auditor dan Kualitas Audit terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden dan diukur dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Bali yang berjumlah 85 orang . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah auditor pada Kantor Akuntan Publik di Bali sebanyak 57 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dan pengujian data yang dilakukan menggunakan program SPSS versi 19 Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara parsial profesionalisme auditor, etika profesi, pengalaman auditor, dan kualitas audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas.
Kata Kunci : profesionalisme auditor, etika profesi, pengalaman auditor , kualitas audit, pertimbangan tingkat materialitas.

The aim of the study was to obtain an empirical evidence about the effect of professionalism, professional ethics, auditors’ working experiences, and quality audit on the materiality level consideration. This study utilized a quantitative design in collecting the data by distributing questionnaires directly to the respondents and measured by using Likert scales. The population of the study consisted of of 85 auditors working under the public accountancy offices around Bali. There were 57 respondents selected as the samples determined by using purposive sampling. All data were obtained from a primary source and analyzed by using multipe linear regression, supported by SPSS version 19 software. The results of the study indicated that partially professionalism, professional ethics, auditors’ working experiences, and quality audit had a positive and significant effect on the materiality level consideration.
keyword : auditor’s professionalism, professional ethics, auditors’ working experiences, and quality audit, the materiality level consideration

Published

2015-11-06

Issue

Section

Articles