ANALISIS PERBANDINGAN DALAM MENILAI TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMELS DAN RGEC (STUDI KASUS: PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH (BPD) BALI TAHUN 2012-2014)

Authors

  • Ni Kadek Muda Wardani .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.6411

Abstract

Bank sebagai lembaga intermediary memainkan peran yang sangat penting dalam menggerakkan perekonomian Indonesia sehingga bank wajib dikelola dengan hati-hati dan perlunya pengawasan khusus dari pemerintah. Metode penilaian kesehatan bank terus berkembang mengingat meningkatnya kompleksitas usaha dan profil risiko, dua metode terbaru adalah metode CAMELS dan RGEC. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kesehatan Bank Pembangunan Daerah Bali dengan menggunakan metode CAMELS dan RGEC pada periode 2012-2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Bank Pembangunan Daerah Bali. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Bank Pembangunan Daerah Bali periode 2012-2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara mengunduh laporan keuangan dari situs resmi Bank Pembangunan Daerah Bali. Teknik analisis yang digunakan adalah metode CAMELS dan RGEC dengan menentukan tingkat kesehatan suatu bank yang digolongkan menjadi peringkat kesehatan bank. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Tingkat Kesehatan Bank Pembangunan Daerah Bali dengan metode CAMELS dan RGEC periode 2012 sampai dengan periode 2014 memperoleh predikat SANGAT SEHAT. Hal ini menggambarkan metode CAMELS sebenarnya telah memberikan gambaran tingkat kesehatan bank yang efektif akan tetapi metode CAMELS kurang memperhatikan aspek manajemen risiko bank.
Kata Kunci : Kata Kunci: Tingkat Kesehatan Bank, CAMELS, RGEC

Bank, as an intermediary institution, plays a very important role in moving Indonesia’s economy that it has to be managed prudentially and needs a government special supervision. The methods for assessing bank health level always develop considering the increase in complexity in business and risk profile. Two newest methods for comparing the health status of Bank Pembangunan Daerah Bali are CAMELS and RGEC in the 2012-2014 periods. This study is was descriptive study using quantitative approach. The subject was Bank Pembangunan Daerah Bali in the 2012-2014 periods. The data were collected by downloading financial reports from the official website of Bank Pembangunan Daerah Bali. The data were analyzed using CAMELS and RGEC by determining the health level which was grouped as the bank health rank. The study found out that Bank Pembangunan Daerah Bali in the 2012-2014 periods got the VERY HEALTHY rank predicate. This illustrates that CAMELS and RGEC methods have given a bank health rank effectively while CAMELS method does not consider bank risk management aspect.
keyword : Keywords: Bank Health Level, CAMELS, RGEC

Published

2016-02-02

Issue

Section

Articles