PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMEN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014

Authors

  • Komang Sri Tusiyanti .
  • I Putu Gede Diatmika,SE,AK., M.Si. .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.6444

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal kerja, leverage, ukuran perusahaan, dan likuiditas terhadap profitabilitas pada perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan dan mencatat laporan keuangan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS 19 for windows. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di BEI periode 2010-2014 yang dapat diperoleh melalui website www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010 sampai dengan 2014. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) secara parsial modal kerja berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, (2) leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, (3) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, (4) likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, (5) secara simultan modal kerja, leverage, ukuran perusahaan, dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Kata Kunci : modal kerja, leverage, ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas

This study aimed at finding out the effect of working capital, leverage, the size of the company, and liquidity on the profitability of textile and garment companies listed on the Indonesian Stock Exchange during 2010-2014. This study utilized a quantitative design. The data were obtained from a secondary sources, in the forms of the financial report provided by the textile and garment companies listed on the Indonesian Stock Exchange during 2010-2014, collected by using documentation method, by recording and collecting data of financial reports. The data were analysed by implementing multiple linear regression supported by SPSS version 19 for Windows. There were about 10 companies involved as the samples of the study which were selected based on purposive sampling technique. The results of the study indicated that partially (1) working capital had a positive and significant effect on the profitability,(2) leverage had no significant effect on the profitability, (3) the size of the company had a positive and significant effect on the profitability , (4) liquidity had a positive and significant effect on the profitability, (5) simultaneously, working capital, leverage, the size of the company, and liquidity had a significant effect on the profitability of textile and garment companies listed on the Indonesian Stock Exchange.
keyword : working capital, leverage, the size of the company, liquidity, profitability

Published

2016-02-05

Issue

Section

Articles