PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN DAN SOSIAL, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014)

Authors

  • Ni Kadek Emy Erawati .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.6448

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, pengungkapan lingkungan dan sosial, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian adalah data sekunder. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh sampel sebesar 22 perusahaan sampel selama tahun 2010 sampai dengan 2014 menghasilkan 110 data observasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan bantuan program SPSS V.19. Berdasarkan hasil pengujian statistik t menunjukkan bahwa variabel kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan pengungkapan lingkungan dan sosial, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Dari uji Anova atau Uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) variabel bebas seperti kepemilikan manajerial, pengungkapan lingkungan dan sosial, dan profitabilitas berpengaruh terhadap nialai perusahaan.
Kata Kunci : Kepemilikan Manajerial, Pengungkapan Lingkungan dan Sosial, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

This present study is intended to identify the impact of managerial ownership, social and environmental disclousure, and profitability of the manufacturing companies listed at the Indonesia’s Stock Exchange from 2010 to 2014. The study is a quantitative one. The data used were the secondary data. The population of the study included the manufacturing companies at the Indonesia’s Stock Exchange from 2010 to 2014. The sampels were determined using the multiple purposive sampling technique, based on the criteria, totaling 22 companies. 110 data were observed from 2010 to 2014. The data were analyzed using the multiple linier regression method, assited with SPSS V.19. The results of the statistical t test shows that the variables of the social ande environmental disclosure and profitability significantly contributed to the company’s value. However, the managerial ownership did not significantly contributed to the company’s value. The Anova test or F test shows that simultaneously the independent variables such as the material ownersip, the social and environmental disclosure, and profitability affected the company’s value.
keyword : Managerial Ownership, Disclosure of Social and Environmental Disclosure, Profitability, Company’s Value

Published

2016-02-05

Issue

Section

Articles