PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA (GOING CONCERN) PERUSAHAAN PERBANKAN (Studi Kasus pada Bank yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013)

Authors

  • Ni Nyoman Yudari .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan nilai perusahaan terhadap keberlanjutan usaha (going concern) perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 10 perusahaan perbankan yang listing di BEI periode 2009-2013. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Pengumpulan data dilakukan secara tidak langsung, yaitu melalui perantara atau media internet dengan metode studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan program SPSS 19.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif signifikan terhadap keberlanjutan usaha (going concern) perusahaan, (2) nilai perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap keberlanjutan usaha (going concern) perusahaan, (3) Corporate Social Responsibility (CSR) dan nilai perusahaan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keberlanjutan usaha (going concern) perusahaan.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), nilai perusahaan, keberlanjutan usaha (going concern)

This research’s objective is to know the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) and corporate value on the going concern of corporate. This research was using quantitative approach. The technique removal of sample that was used purposive sampling with 10 samples of bank that listing at Bursa Efek Indonesia (BEI) in 2009-2013. The kind of data that used in this research is secondary data. Data collection was done at second hand that was by mediator or from internet with study document. The technique of data analysis was used multiple linier regression analysis that was processed by SPSS 19.0 for Windows program. The result of this research is showing that (1) Corporate Social Responsibility (CSR) influential significant positive on the going concern of corporate, (2) corporate value influential significant positive on the going concern of corporate, (3) Corporate Social Responsibility (CSR) and corporate value in a simultaneous influential significant positive on the going concern of corporate.
keyword : Corporate Social Responsibility (CSR), corporate value, going concern

Published

2016-02-16

Issue

Section

Articles