Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Dan Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Buleleng

Authors

  • Ida Bagus Adi Gunawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Edy Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v14i03.64893

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji “Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Dan Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Buleleng”. Desain studi yang di pakai adalah kuantitatif kausal. Jumlah sampel di studi ini yaitu sejumlah 40 responden, yang diambil oleh teknik “sampling jenuh”. Metode penghimpunan data yang digunakan dalam penelitian ini memakai kuesioner serta diuji dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah kabupaten buleleng, (2) Kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah kabupaten buleleng, (3) Pengendalian intern berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah kabupaten buleleng.

Kata kunci: Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual, Kompetensi Sumber Daya Manusia,  Pengendalian Intern, Kualitas Laporan Keuangan.

 

Downloads

Published

2023-10-02