PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI, AKUNTAN PENDIDIK, DAN AKUNTAN PUBLIK TERHADAP KOMPETENSI AKUNTAN DALAM MENGHADAPI TUNTUTAN PROFESIONALISME DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) (STUDI PADA MAHASISWA AKUNTANSI DAN AKUNTAN SE-BALI)

Authors

  • Ni Made Desi .
  • I Putu Gede Diatmika,SE,AK., M.Si. .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi, akuntan pendidik dan akuntan publik terhadap kompetensi akuntan dalam menghadapi tuntutan profesionalisme di era MEA dengan skill, knowledge dan characteristic sebagai indikatornya. Penelitian ini dilakukan pada kantor akuntan publik dan perguruan tinggi negeri se-Bali dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling, yaitu mahasiswa akuntansi yang telah mengambil mata kuliah auditing dan etika bisnis & profesi, akuntan pendidik yang memiliki pengalaman mengajar minimal 1 tahun dan telah memiliki sertifikat akuntan (CA), serta akuntan publik yang telah memiliki nomor register negara akuntan (RNA) dan memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode survey dengan melakukan penyebaran kuesioner. Skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert 5 poin. Analisis data penelitian menggunakan statistik non-parametrik dengan uji kruskall wallis menggunakan program SPSS versi 19. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi, akuntan pendidik dan akuntan publik terhadap kompetensi akuntan dalam menghadapi tuntutan profesionalisme di era MEA, dimana mahasiwa akuntansi dan akuntan pendidik memiliki persepsi lebih baik dibandingkan dengan akuntan publik terhadap kompetensi akuntan dalam menghadapi tuntutan profesionalisme di era MEA.
Kata Kunci : Kompetensi akuntan, profesionalisme, pasar bebas, Masyarakat ekonomi ASEAN

This study was aimed at finding out the perception of accounting students, accounting teachers, and public accountants towards accountant competency in meeting the professionalism challenge in the AEC era using skill, knowledge and characteristics as the indicators. This study was conducted in public accountant offices and public higher institutes of learning throughout Bali using a sample of 100. The sample was selected using purposive sampling, which included accounting students who have taken auditing and business and professional ethics courses, public accountants with a minimum of 1 year experience and have had accountant certificate (CA) and public accountants who have had accountant state register number (RNA) and a minimum of 2 year working experience. The data were collected using survey by distributing questionnaires. This study used Likert scale of five points. The data were analyzed using non-parametric statistical kruskall wallis test using SPSS version 19. The results showed that there is a difference in perception among accounting students, accounting teachers, and public accountants towards accountant competency in meeting the professionalism challenge of the AEC era, in which accounting students and accounting teachers have a better perception than public accountants towards accountant competency in meeting the professionalism challenge of the AEC era.
keyword : accountant competency, professionalism, free trade, ASEAN Economic Community

Published

2016-02-18

Issue

Section

Articles