TINJAUAN TERHADAP PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PIUTANG PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) SIDI AMERTA DI DESA SANGSIT, KECAMATAN SAWAN, KABUPATEN BULELENG, PROVINSI BALI

Authors

  • Kadek Witha Erayani .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6506

Abstract

Piutang merupakan salah satu komponen aktiva lancar yang timbul akibat terjadinya transaksi pemberian kredit kepada nasabah yang ada di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sidi Amerta. Oleh karena jumlahnya yang banyak dan material maka dipandang sangat perlu menerapkan akuntansi atas piutang dalam pelaksanaannya. Penerapan akuntansi piutang dapat dilakukan melalui pencatatan dan pembukuan, penilaian, hingga penyajian piutang dalam laporan keuangan yang sesuai dengan teori-teori akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi piutang pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sidi Amerta. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pencatatan piutang usaha oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sidi Amerta dilakukan pada saat piutang usaha timbul, 2) penyajian piutang di neraca tidak sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan, karena tidak ada penyisihan piutang yang tidak tertagih, 3) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sidi Amerta tidak mengadakan penghapusan piutang terhadap piutang yang tidak dapat ditagih, 4) sistem pengawasan piutang pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sidi Amerta termasuk dalam sistem pengendalian internal yang baik.
Kata Kunci : penerapan, akuntansi piutang, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Account receivable is one of the components of current assets that arise as the result of a loan to the customers of BUMDES Sidi Amerta.Thus, due to its large amount and the large amount of the material, accounting needs to be applied to the account in its implementation. The application of account receivable accounting can be done through recording and book keeping,and assessment in such a way that the presentation of the account receivable in the financial report is in accordance with accounting theories. This study was aimed at finding out the application of account receivable accounting in BUMDES Sidi Amerta. The method of data analysis used in this study was descriptive qualitative method. The sources of data were interview, observation, and documentation. The results showed that 1) the recording of account receivable for businesses by BUMDES Sidi Amerta was made at the time when the account receivable arises, 2) the presentation of account receivable in the balance does not match the Financial Accounting Standard, since the bad debts are not recorded separately, 3) BUMDES Sidi Amerta does not do the depreciation of bad debts 4) the account receivable supervision system in BUMDES Sidi Amerta falls into a good internal control system.
keyword : application, account receivable accounting, village owned business entity (BUMDES)

Published

2016-02-18

Issue

Section

Articles