Pengaruh Pendidikan, Motivasi Kerja, dan Kematangan Usia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Koperasi Pegawai Negeri di Kota Singaraja)

Authors

  • Desak Kadek Mega Silvia Devi .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6554

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, motivasi kerja, dan kematangan usia terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan pada koperasi pegawai negeri yang ada di kota singaraja. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 22 koperasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah responden adalah 44 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui penyebaran kuesioner secara langsung. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan pengujian data yang dilakukan dengan dibantu dengan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendidikan tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan (2) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, (3) kematangan usia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, (4) Pendidikan, motivasi kerja, dan kematangan usia secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pada koperasi pegawai negeri di kota Singaraja.
Kata Kunci : Pendidikan, motivasi, kematangan, laporan keuangan

This present study is intended to identify the impact of education, work motivation, and age maturity on the quality of the financial statement. The study was conducted at ‘Koperasi Pegawai Negeri’ (Units of Cooperative of Civil Servants in Singaraja City). The study was designed to be the quantitative one. The population of the study totaled 22 units of cooperative. The samples were determined using the purposive sampling technique, totaling 44. The data were collected using the survey method through direct distribution of questionnaire. The data were analyzed using the multiple linier regression analysis technique, and were tested using SPSS version 20 program. The result of the study shows that 1) education did not contribute to the quality of the financial statement, (2) the work motivation positively and significantly contributed to the quality of the financial statement, (3) the age maturity positively and significantly affected the quality of the financial statement, (4) education, work motivation, and age maturity significantly collectively affected the quality of the financial statement of the units of cooperatives in Singaraja City.
keyword : Education, motivation, age, financial statement

Published

2016-02-24

Issue

Section

Articles