PENGARUH KEPERCAYAAN, PARTISIPASI PEMAKAI, KEMAMPUAN PEMAKAI, PROGRAM PELATIHAN DAN PENDIDIKAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA DI KECAMATAN PETANG

Authors

  • Ni Luh Yuni Anggreni .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6564

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan atas sistem informasi akuntansi, partisipasi pemakai sistem informasi, kemampuan pemakai sistem informasi akuntansi, program pelatihan dan pendidikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di kecamatan Petang. Pengambilan Sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling dengan sampel sebanyak 45 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS V.19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kepercayaan atas sistem informasi akuntansi, partisipasi pemakai sistem informasi, kemampuan pemakai sistem informasi akuntansi, program pelatihan dan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Hasil pengujian secara bersama-sama (simultan) menunjukkan bahwa kepercayaan atas sistem informasi akuntansi, partisipasi pemakai sistem informasi, kemampuan pemakai sistem informasi akuntansi, program pelatihan dan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi.
Kata Kunci : kepercayaan, partisipasi, kemampuan, pelatihan dan pendidikan, kinerja sistem informasi akuntansi.

This study aimed at finding out the effect of trust, user’s participation, user’s ability, training and education program in accounting information system on accounting information system performance in Lembaga Perkreditan Desa (LPD) in Petang district. The sample was selected by using purposive sampling technique with a sample of 45 respondents. The data were collected by questionnaire, measured with Likert scale. The data were analyzed by validity test, reliability test, normality test, classic assumption test, and multiple linear regression using SPSS V.19. The result showed that partially the variables of trust in accounting information system, information system user’s participation, accounting information system user’s ability, training and education program have positive and significant effect on accounting information system performance. Simultaneous testing result showed that trust in accounting information system, information system user’s participation, accounting information system user’s ability, training and education program have significant effect on accounting information system performance.
keyword : trust, participation, ability, training and education, accounting information system performance

Published

2016-02-26

Issue

Section

Articles