ANALISIS PENERAPAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAANKEUANGAN ORGANISASI KEAGAMAAN PADA GEREJA KATOLIK STASI SANTA SISILIA KLUNGKUNG

Authors

  • Maria S. Devi Rande .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6570

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan dan pelaporan keuangan pada Gereja Katolik Stasi Santa Sisilia Klungkung serta bagaimana pelaporan keuangan pada Gereja Katolik Stasi Santa Sisilia Klungkung dapat menjamin terselenggaranya pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data skunder yang diperoleh dari hasil wawancara dengan informan serta, data primer yaitu data yang didapat dari Gereja Katolik Santa Sisilia seperti rekening bank dan laporan keuangan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh gereja, memiliki tiga fase yaitu: dimulai dari fase perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pelaporan keuangannya, gereja membuat laporan pada setiap bulan yang diperiksa oleh pastor paroki, setelah itu di laporkan kepada keuskupan. Akuntabilitas gereja tercermin dari laporan keuangan yang dibuat setiap bulannya. Sedangkan, untuk transparansi, cukup transparan baik dalam penganggaran, akses informasi dan pelaporannya.
Kata Kunci : Gereja, Pengelolaan, Pelaporan, Akuntabilitas, Transparansi

This study was aimed at finding out how the process of financial management and financial report in Catholic Church Stasi Santa Sisilia Klungkung is and how the financial report in Catholic Church Stasi Santa Sisilia Klungkung can ensure the implementation of transparent and accountable financial reporting. This study used qualitative method. The data used came from secondary data source obtained from an interview with the informants, and primary data obtained from Catholic Church Santa Sisilia Klungkung such as bank accounts and financial reports. The data were collected using in-depth interview, observation, and documentation. The results showed that the financial report written by the church has three phases: starting from planning, implementation and evaluation. In the financial report, the church writes a report every month and is checked by the parochial pastor, after that it is reported to the bishop. The accountability of the church is reflected from the financial report made every month. While from the point of view of transparency, it is transparent enough, both in budgeting, information access and reporting.
keyword : Church, Management, Reporting, Accountability, Transparency

Published

2016-02-26

Issue

Section

Articles