PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, KINERJA LINGKUNGAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE TAHUN 2012-2014

Authors

  • Nindyah Megawati .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6575

Abstract

Islamic Sosial Reporting (ISR) merupakan pengungkapan tanggung jawab sosial berdasarkan beberapa indikator sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah Islam. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode tahun 2012-2014. Dimana penelitian ini dilakukan karena masih banyak perusahaan yang belum mengungkapkan Islamic Social Reporting (ISR) pada laporan tahunan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), (2) pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), (3) pengaruh kinerja lingkungan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), (4) pengaruh leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), dan (5) pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, kinerja lingkungan, dan leverage secara simultan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 45 sampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t dan uji F yang diolah dengan menggunakan program SPSS versi 19.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan ISR, (2) profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan ISR, (3) kinerja lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan ISR, (4) leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan ISR, dan (5) ukuran perusahaan, proitabilitas, kinerja lingkungan, dan leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR.
Kata Kunci : Islamic Social Reporting (ISR).

Islamic Social Reporting (ISR) is a social responsibility disclosure is based on several indicators according to the principles of Islamic Sharia. This study was performed on companies listed in the Jakarta Islamic Index (JII) on 2012-2014 period. Where research is done because there are still many companies that have not been revealed Islamic Social Reporting (ISR) at the company's annual report. The research was conducted aimed to determine (1) the effect of company size on disclosure of ISR, (2) influence of profitability on the disclosure of ISR, (3) the effect of environmental performance on the disclosure of ISR, (4) the effect of leverage on the disclosure of ISR, and (5) the effect size company, profitability, environmental performance, and leverage simultaneously on the disclosure of ISR. The sampling technique used was purposive sampling. The number of samples in this study as many as 45 samples. This study uses a quantitative approach. Data used in this research is secondary data. Methods of data collection is done by the method of documentation. Data were analyzed using multiple linear regression, t test and F were processed using SPSS 19. The results of the study indicated that (1) the size of the company did not influence positively and significantly on the disclosure of ISR, (2) the profitability of positive and significant impact on the disclosure of ISR, (3) environmental performance positive and significant impact on the disclosure of ISR, (4) leverage negative effect and significant impact on the disclosure of ISR, and (5) the size of the company, profitability, environmental performance, and simultaneously leverage significant effect on the disclosure of ISR.
keyword : Islamic Social Reporting (ISR).

Published

2016-02-26

Issue

Section

Articles