PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2014)

Authors

  • Ketut Mega Sintyaningsih .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6650

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan komite audit terhadap pengungkapan corporate sosial responsibility. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010-2014. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 10 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan pengujian data yang dilakukan dengan dibantu oleh program SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan corporate sosial responsibility, (2) leverage berpengaruh terhadap pengungkapan corporate sosial responsibility, (3) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan corporate sosial responsibility, (4) komite audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate sosial responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI.
Kata Kunci : Profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan komite audit

This present study is aimed at identifying the impact of profitability, leverage, company’s size, and auditing committee on the disclosure of corporate social responsibility. The study was conducted at the manufacturing companies listed at the Indonesia’s Stock Exchange from 2010 to 2014. The study was designed to be a quantitative one. The population included 10 companies. The samples were determined using the purposive sampling technique. The data were obtained from the secondary data sources. The data were analyzed using the multiple linier regression analysis, and were tested using the SPSS 18 program. The result of the study shows that (1) profitability contributed to the disclosure of corporate social responsibility, (2) leverage contributed to corporate social responsibility, (3) the company’s size affected the disclosure of corporate social responsibility, and (4) the auditing committee did not contribute to the corporate social responsibility of the manufacturing companies listed in the Indonesia’s Stock Exchange.
keyword : Profitability, leverage, company’s size and auditing committee

Published

2016-03-02

Issue

Section

Articles