PENGARUH KOMITMEN PROFESI, INTEGRITAS, OBJEKTIVITAS, KOMPETENSI, DAN PERILAKU PROFESIONAL TERHADAP KINERJA AUDITOR (Studi Empiris Pada Inspektorat Pemerintah Provinsi Bali, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Klungkung)

Authors

  • Felisiana Andini Permatasari .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6654

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh komitmen profesi, integritas, objektivitas, kompetensi, dan perilaku profesional terhadap kinerja auditor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah auditor pada Inspektorat Pemerintah Provinsi Bali, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Klungkung sebanyak 33 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 17. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komitmen profesi terhadap kinerja auditor, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara integritas terhadap kinerja auditor, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara objektivitas pemerintah terhadap kinerja auditor, (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi terhadap kinerja auditor, dan (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perilaku profesional terhadap kinerja auditor.
Kata Kunci : komitmen profesi, integritas, objektivitas, kompetensi, perilaku profesional, dan kinerja auditor

The study aimed at proving empirically the effect of professional commitment, integrity, objectivity, competency, and professional behaviour on the auditor performances. This study utilized a quantitative method, employing data obtained by the use of questionnaire measured by Likert scales. The samples of the study consisted of 33 respondents involving all auditors working under the inspectorate offices in Bali province, local government offices of Bangli and Klungkung regencies selected based on purposive sampling technique. The data were analysed by using multiple linear regression supported by SPSS software version 17. The results of the study indicated that (1) there was a positive and significant effect of professional commitment on the auditor performances, (2) there was a positive and significant effect of integrity on the auditor performances, (3) there was a positive and significant effect of objectivity on the auditor performances, (4) there was a positive and significant effect of competency on the auditor performances, and (5) there was a positive and significant effect of professional behaviour on the auditor performances.
keyword : professional commitment, integrity, objectivity, competency, professional behaviour, auditor performances

Published

2016-03-02

Issue

Section

Articles