ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN SOSIAL LINGKUNGAN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014)

Authors

  • Ida Ayu Putu Eka Puspita Dewi .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6677

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan sosial lingkungan dan good corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2014. Popoulasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 16 perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda yang diolah dengan menggunakan program SPSS versi 19.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengungkapan sosial lingkungan, dewan komisaris, dewan direksi, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pengungkapan sosial lingkungan, dewan komisaris, dewan direksi, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA
Kata Kunci : Pengungkapan Sosial Lingkungan, Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan.

This study was aimed at finding out the effect of environment social disclosure and good corporate governance on financial performances of mining companies listed on Indonesia Stock Exchange in 2011-2014 periods. The population consisted of mining companies listed on Indonesia Stock Exchange in 2011-2014 periods. The sampling technique used was purposive sampling with the sample size of 16 companies. This study used quantitative approach. The data used were secondary data. The method of data analysis used was multiple linear regression analysis which was processed by using SPSS version 19.0. The result shows that partially environment social disclosure, board of commission, board of direction, institutional ownership and managerial ownership have a positive and significant effect on financial performance as show by ROA. The result shows that simultaneously environment social disclosure, board of commission, board of direction, institutional ownership and managerial ownership have a significant effect on company financial performance as show by ROA.
keyword : environment social disclosure, good corporate governance, financial performance

Published

2016-03-05

Issue

Section

Articles