PENGARUH ETIKA PROFESI, SKEPTISME PROFESIONAL, PENGALAMAN KERJA, AKUNTABILITAS, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP KUALITAS AUDIT

Authors

  • Gede Pradnya Wiguna .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6767

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh etika profesi, skeptisme profesional, pengalaman kerja, akuntabilitas, dan kompleksitas tugas terhadap kualitas audit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik yang terdapat di Provinsi Bali. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik yang terdapat di Provinsi Bali sebanyak 42 auditor. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 17. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara etika profesi terhadap kualitas audit, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara skeptisme profesional terhadap kualitas audit, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengalaman kerja terhadap kualitas audit, (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara akuntabilitas terhadap kualitas audit, (5) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara kompleksitas tugas terhadap kualitas audit, dan (6) terdapat pengaruh yang signifikan antara etika profesi, skeptisme profesional, pengalaman kerja, akuntabilitas, dan kompleksitas tugas terhadap kualitas audit.
Kata Kunci : etika, skeptisme, pengalaman, akuntabilitas, kompleksitas, audit

This research aimed to obtain empirical evidence about the effect of professional ethics, professional skepticism, working experience, accountability, and complexity of duties on audit quality. This study was a quantitative research using data obtained from questionnaire and measured with Liker scale. The population research is all auditors who worked on the office public accountant in Bali province. The sample ware selected by using purposive sampling. Forty two auditors working with offices of public accounting in Bali province were selected as the sample. The data were analyzed by using multiple linear regression analysis. The data were analyzed using SPSS version 17 software. The results showed that (1) there is a positive and significant effect of professional ethic on audit quality; (2) there is a positive and significant effect of professional skepticism on audit quality; (3) there is a positive and significant effect of working experience on audit quality, (4) there is a positive and significant effect of accountability on audit quality; (5) there is a negative and significant effect of complexity of duties on audit quality; and (6) there is a significant effect of professional ethic, professional skepticism, working experience, accountability and complexity of duties on audit quality.
keyword : ethics, skepticism, experience, accountability, complexity, audit

Published

2016-03-07

Issue

Section

Articles