Analisis Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard Pada BPR Bank Buleleng 45

Authors

  • Luh Alit Suartini .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6779

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui Kinerja BPR Bank Buleleng 45 dengan menggunakan metode balanced scorecard. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai tolak ukur kinerja dengan pendekatan balanced scorecard pada BPR Bank Buleleng 45 periode 2011-2013. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PD. BPR Bank Buleleng 45. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah jenis data kuantitatif dan kualitatif sedangkan sumber datanya adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis balanced scorecard. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat dari persepektif keuangan secara keseluruhan berada pada kategori baik, kemudian dari perspektif nasabah berada pada kategori puas, dilihat dari perspektif bisnis internal yang diukur dengan AETR berada pada kategori baik, dan dilihat dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang diukur dengan kepuasan karyawan berada pada kategori puas sehingga kinerja secara keseluruhan yang dinilai dengan rating scale menunjukkan bahwa kinerja PD. Bank Buleleng 45 berada pada kategori baik.
Kata Kunci : Kinerja & balanced scorecard

This study was aimed at finding out the performance of BPR Bank Buleleng 45 using balanced scorecard method. This study used balanced scorecard approach in BPR Bank Buleleng 45 in the 2011-2013 period. This study belonged to a descriptive quantitative research. It was conducted in PD. BPR Bank Buleleng 45. The data used were of quantitative and qualitative types while the sources of the data were primary and secondary ones. The method of data collection used documentation and questionnaire. The data were analyzed using balanced scorecard. The results showed that in terms of the financial perspective on the whole the performance was in good category, then in terms of the perspective of customers they were in satisfied category and in terms of internal business perspective, when measured with AETR the performance fell into good category. Hence on the whole the performance of PD Bank Buleleng 45 fell into good category.
keyword : Performance & balanced scorecard

Published

2016-03-07

Issue

Section

Articles