PENGARUH MOTIVASI DAN GENDER TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTAN (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha)

Authors

  • Ni Luh Putu Aksara Dewi .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6859

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan gender terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi program S1 semester akhir di Universitas Pendidikan Ganesha tahun 2016. Dari 75 kuesioner yang disebarkan hanya 71 responden yang dapat digunakan sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonpropability sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan penelitian terdahulu. Teknik analisis data menggunakan analisis linier berganda dengan bantuan program spss versi 16.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi gelar akuntan berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntan, (2) motivasi karir berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntan, (3) motivasi ekonomi berpengaruh secara sigifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntan, (4) motivasi kualitas berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntan, (5) gender berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntan.
Kata Kunci : motivasi gelar, karir, ekonomi, kualitas, gender, dan Universitas Pendidikan Ganesha

This study was aimed at finding out the effect of motivation and gender on the interest of the students of Accounting to take up accounting profession. The population consisted of all accounting students of Program S1 of the last semester at Universitas Pendidikan Ganesha in 2016. From 75 questionnaires distributed only 71 respondents could be used as the sample. The sampling technique used was nonprobability sampling. The data belonged to primary and secondary data types. The study used multiple linear regression analysis aided by SPSS version 16.0 program. The results showed that (1) motivation of holding a degree in accounting had a significant effect on the interest of the accounting students to take up accounting profession education, (2) career motivation had a significant effect on the interest of the accounting students of accounting to take up accounting profession education, (3) economic motivation had a significant effect on the interest of the accounting students to take up accounting profession education , (4) quality motivation had a significant effect on the interest of the accounting students of accounting to take up accounting profession education, (5) gender had a significant effect on the interest of the accounting students to take up accounting profession education.
keyword : motivation to hold a degree, career, economic, quality, gender, and Universitas Pendidikan Ganesha

Published

2016-05-12

Issue

Section

Articles