Pengaruh Orientasi Etis, Tingkat Pengetahuan dan Gender terhadap Persepsi Mahasiswa mengenai Perilaku Tidak Etis Akuntan (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja)

Authors

  • Gede Widarma .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6875

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi etis (idealisme dan relativisme), tingkat pengetahuan dan gender terhadap perilaku tidak etis akuntan pada mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha angkatan tahun 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha yang telah menempuh matakuliah Etika Bisnis dan Profesi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode nonprobability sampling yang dimana probabilitas dari elemen populasi yang dipilih adalah tidak diketahui Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi semester 7 sebanyak 60 mahasiswa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program spss versi 16.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) idealisme berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap persepsi mahasiswa mengenai perilaku tidak etis akuntan, (2) realtivisme berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap persepsi mahasiswa mengenai perilaku tidak etis akuntan, (3) tingkat pengetahuan berpengaruh secara sigifikan terhadap terhadap persepsi mahasiswa mengenai perilaku tidak etis akuntan, (4) gender berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap persepsi mahasiswa mengenai perilaku tidak etis akuntan, dan (5) idealisme, relativisme, tingkat pengetahuan dan gender berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap persepsi mahasiswa mengenai perilaku tidak etis akuntan.
Kata Kunci : Persepsi Mahasiswa, Orientasi Etis, Idealisme, Relativisme, Tingkat Pengetahuan dan Gender

The study aimed at finding out the effect of ethic orientation (idealism and relativism), level of knowledge and gender on the students’ perception about unethical behaviour of accountant of the students of Accountancy Department S1 Program Ganesha University of academic year 2012. The population of the study consisted of all students of Accountancy Department who have taken Business Ethic and Profession. The samples consisted of 60 students of Semester 7 department of Accountancy S1 Program selected by using nonprobability sampling where the probability of the samples were not known. The data were obtained by using questionnaires from either primary or secondary sources and analysed by using multiple linear regression supported by SPSS software version 16.0 The results of the study indicated that (1) idealism had a significant effect on the students’ perception about unethical behaviour of accountant, (2) relativism had a significant effect on the students’ perception about unethical behaviour of accountant, (3) the level of knowledge had a significant effect on the students’ perception about unethical behaviour of accountant, (4) gender had a significant effect on the students’ perception about unethical behaviour of accountant, (5) idealism, relativism, level of knowledge and gender had a significant effect on the students’ perception about unethical behaviour of accountant.
keyword : students’ perception, ethic orientation, idealism, relativism, level of knowledge, and gender

Published

2016-06-02

Issue

Section

Articles