Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Inovasi Produk, Dan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Operasional Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM ) Di Kabupaten Karangasem
DOI:
https://doi.org/10.23887/jimat.v15i02.68991Abstract
Penelitian ini bertujuan untukĀ mengentahui pengaruh Penggunaan e commerce, Inovasi produk dan kemampuan menyusun laporan keuangan terhdap kinerja operasional UMKM di kabupaten Karangasem. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif merupakan data dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam satuan hitung, data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner berupa skor angka. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dana skunder dan data primer. Populasi yang digunakan adalam penelitian adalah UMKM di kabupaten Karangasem. Metode penentuan sampel menggunakan kreteria Random Sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini 100 responden dari pengurus UMKM. Hasil uji menyatakan bahwa variabel Penggunaan e commerce berpengaruah positif dan signifikan terhadap Kinerja operasional UMKM, variabel Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja operasional UMKM, dan variabel Kemampuan menyusun laporan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja operasional UMKMdi Kecamatan Buleleng. Serta dalam uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan hasil bahwa variabel Penggunaan e commerce (X1), Inovasi produk (X2), dan Kemampuan menyusun laporan keuangan (X3) mampu mempengaruhi Kinerja operasional UMKMdi Kecamatan Buleleng secara bersama-sama sebesar 63,9% sedangkan sisanya sebesar 36,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar regresi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.