PENGARUH INDEPENDENSI, ETIKA PROFESI, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP OPINI AUDITOR

Authors

  • Komang Suka Dharma .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.7225

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh independensi, etika profesi, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap opini auditor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Bali sebanyak 93 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 17. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial ada pengaruh yang positif dan signifikan antara independensi, etika profesi, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap opini auditor dan secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara independensi, etika profesi, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap opini auditor.
Kata Kunci : independensi, etika profesi, intelektual, emosional, spiritual, dan opini auditor

This research aimed to obtain empirical evidence about the effect of independence, professional ethics, intellectual intelligence, emotional intelligence and spiritual intelligence on the auditor's opinion. This study was a quantitative research using data obtained from questionnaire and measured with likert scale. The sample ware selected by using nonprobability sampling with saturated sampling technique. Ninety three auditors working with offices of public accounting in Bali were selected as the sample. The data were analyzed by using multiple linear regression analysis supported by SPSS version 17 program The results showed that partially there was positive and significant effect of independence, professional ethics, intellectual intelligence, emotional intelligence and spiritual intelligence on the auditor's opinion and simultaneously there were significant effect of independence, professional ethics, intellectual intelligence, emotional intelligence and spiritual intelligence on the auditor's opinion.
keyword : independence, professional ethics, intellectual, emotional and spiritual, and the auditor's opinion

Published

2016-06-30

Issue

Section

Articles