Sensory Branding and Brand Loyalty: Mediation Analysis of Brand Love and Brand Trust in the Consumer-Brand Relationship Context

Authors

  • Fatchur Rohman Management Department, Faculty of Economics and Business, Universitas Brawijaya Malang, Indonesia
  • Rr Ayu Firdausiah Management Department, Faculty of Economics and Business, Universitas Brawijaya Malang, Indonesia
  • Putu Adi Putra Arimbawa Management Department, Faculty of Economics and Business, Universitas Brawijaya Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v15i01.75531

Abstract

Strategi Emotional Branding merupakan bentuk penerapan strategi pengelolaan dan pengembangan merek yang berorientasi pada penciptaan hubungan emosional antara pelanggan dengan produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Salah satu bentuk penerapan emosional branding adalah dengan menggunakan strategi Sensory Branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sensory branding dan loyalitas merek, baik secara langsung maupun yang dimediasi oleh kecintaan terhadap merek dan kepercayaan terhadap merek. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian dipilih berdasarkan tujuan penelitian yaitu menganalisis peran strategis strategi emosional branding dalam menciptakan loyalitas merek. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive random sampling yang melibatkan 220 responden. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan SmartPLS 3.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sensory branding memberikan dampak terhadap loyalitas merek, baik secara langsung maupun melalui perantaraan brand love dan brand trust. Artinya aspek sensorik yang terdiri dari panca indera (Bau, Sentuhan, Rasa, Penglihatan dan Suara) mempunyai pengaruh yang luar biasa dan kuat terhadap pembentukan loyalitas merek.

Kata Kunci : emosional branding, sensory branding, kecintaan merek, kepercayaan merek, loyalitas merek

Downloads

Published

2024-04-03