PENGARUH KEWAJIBAN MORAL, KUALITAS PELAYANAN, DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Nyoman Yuli Marlia Dewi .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v5i2.7871

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan secara empiris pengaruh (1) kewajiban moral wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor, (2) kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor, (3) pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini dilakukan pada Kantor SAMSAT Kabupaten Buleleng dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif, metode analisis data yang digunakan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kewajiban moral tidak berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor, (2) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor (3) Pengetahuan perpajakan berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kewajiban moral tidak berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor, (2) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor (3) Pengetahuan perpajakan berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor.
Kata Kunci : Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak

This research aims to empirically prove the influence of (1) moral obligation taxpayers against taxpayer compliance in paying taxes motor vehicles, (2) quality of service against taxpayer compliance in paying taxes motor vehicles, (3) knowledge of taxation against taxpayer compliance in paying taxed motor vehicle. This research was conducted at the SAMSAT office of Buleleng Regency by using a quantitative approach, methods of data analysis used linear regression analysis. The results showed that (1) moral obligation does not affect the taxpayer compliance in paying taxes motor vehicles, (2) quality of service has no effect on taxpayer compliance in paying taxes motor vehicles (3) Knowledge of taxation impact on taxpayer compliance in paying taxed motor vehicle
keyword : Moral obligation, quality of service, knowledge of taxation, Taxpayer Compliance

Published

2016-07-26

Issue

Section

Articles