PENGARUH GIRO, TABUNGAN DAN DEPOSITO TERHADAP JUMLAH PENYALURAN KREDIT PADA PERUSAHAAN PERBANKAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014

Authors

  • Nadia Nesi Krisna Wardani .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v5i2.7986

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh giro, tabungan dan deposito terhadap jumlah penyaluran kredit secara parsial maupun simultan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah perusahaan perbankan go public yang terdaftar di BEI dan objek penelitiannya yaitu giro, tabungan, deposito dan jumlah penyaluran kredit. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah judgement sampling dengan jumlah responden adalah 15 bank. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda yang diolah dengan menggunakan program SPSS 19.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial giro, tabungan dan deposito berpengaruh signifikan dan positif terhadap jumlah penyaluran kredit., (2) secara simultan parsial giro, tabungan dan deposito berpengaruh signifikan dan positif terhadap jumlah penyaluran kredit.
Kata Kunci : giro, tabungan, deposito, penyaluran kredit

Abstract This study was aimed at finding out the partial and simultaneous effects of regional financial report format and financial report accessibility on regional financial management accountability. This study used quantitative approach. To collect the data, the study used questionnaire and documentation. The subjects were SKPDs in Buleleng regency and the objects were regional financial report format, financial report accessibility, and regional financial management accountability. The sample was selected by purposive sampling technique and involved 43 respondents. The data were analyzed by multiple regression analysis using SPSS 19.0 for Windows. The results showed that (1) partially, regional financial report format and regional financial report accessibility have significant and positive effect on regional financial management accountability, (2) simultaneously, regional financial report format and regional financial report accessibility have significant and positive effect on regional financial management accountability.
keyword : financial report format, accessibility, accountability

Published

2016-07-27

Issue

Section

Articles