PENGARUH TARIF PAJAK, KEBIJAKAN DEVIDEN, DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2014)

Authors

  • Ni Nyoman Artini .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v5i2.7993

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh tarif pajak, kebijakan deviden, dan earning per share terhadap harga saham. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari annual report perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008-2014 sebanyak 45 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang memenuhi kriteria pada penelitian ini digunakan 9 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 17. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial tarif pajak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, sedangkan kebijakan deviden dan earning per share berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Secara simultan tarif pajak, kebijakan deviden, dan earning per share berpengaruh signifikan terhadap harga saham.
Kata Kunci : tarif pajak, kebijakan deviden, earning per share, harga saham

This research aimed to obtain empirical evidence about the effect of tax rates, dividend policy, and earnings per share on the stock price. This study was a quantitative research using data obtained from firm annual report. The study population was a real estate and property company listed on the Indonesia Stock Exchange in the year 2008-2014 as many as 45 companies. The sample ware selected by using purposive sampling. Samples that meet the criteria in this study used 9 companies. The data were analyzed by using multiple linear regression analysis supported by SPSS version 17 software. The results showed that partially there was negative and significant effect of tax rates on the stock price, while there was positive and significant effect of dividend policy and and earnings per share on the stock price. Simultaneously there were significant effect of tax rates, dividend policy, and earnings per share on the stock price.
keyword : tax rates, dividend policy, earnings per share, stock price.

Published

2016-07-27

Issue

Section

Articles