Penilaian Kinerja dengan Perspektif Balanced Scorecard pada Bank Mandiri Taspen Pos Kabupaten Karangasem

Authors

  • Putu Dyan Sukmo Paramananda .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v5i2.8097

Abstract

Perusahaan pada dewasa ini berada di tengah-tengah persaingan bisnis yang cukup ketat. Oleh karena itu, perusahaan terus berupaya untuk merumuskan dan menyempurnakan strategi-strategi bisnis mereka dalam rangka memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Bank Mandiri Taspen Pos Kabupaten Karangasem dengan menggunakan perspektif Balanced Scorecard.Metode pengumpulan data yaitu wawancara, survey dengan menggunakan kuisioner, dan dokumentasi. Skala pengukuran data dengan skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang dicapai sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan dan perspektif keuangan menunjukkan hasil yang cukup baik bahkan terus mengalami perkembangan yang baik, dari perspektif pelanggan terlihat bahwa Bank Mandiri Taspen Pos Kabupaten Karangasem sudah dapat mempertahankan pelanggan lama dan selain itu sudah mampu meningkatkan jumlah pelanggan baru untuk setiap tahunnya, selanjutnya perspektif proses internal bisnis menunjukkan bahwa kinerja pelayanan yang diberikan oleh Bank Mandiri Taspen Pos Kabupaten Karangasem dianggap sangat baik, dan dilihat dari hasil analisis perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sudah baik, ditandai dengan jumlah karyawan yang mengikuti pelatihan untuk setiap tahun meningkat dan selain itu karyawan sudah disiplin dalam bekerja.
Kata Kunci : Kinerja, Balanced Scorecard

In the adult company is in the midst of business competition tough. Hence, the company will keep trying to formulate the strategies and completing their business in order to win the competition. This research aims to understand the performance of Bank Mandiri Taspen Pos Kabupaten Karangasem by using the perspective of a balanced scorecard.Data collection method namely interview, survey by using kuisioner, and documentation. A scale of measurement data with likert scale. Data analyzed by using analysis of multiple regression with the help of a version of the program SPSS 22. This research result indicates that financial performance reached is according to the standard that has been dictated and financial perspective shown the result is a good enough even continue to suffered good development, from the perspective of customers it can be seen that Bank mandiri Taspen Pos Kabupaten Karangasem are already able to maintain customers long and besides are able to increase the number of new customers to every year, next perspective an internal process business shows that the performance of the service provided by a Bank mandiri Taspen Pos Kabupaten Karangasem is considered very good, and seen from the results of the analysis perspective learning and growth is good, characterized by number of employees who follow training for each year increase from year to year and besides employees have their discipline.
keyword : Performance, Balanced Scorecard

Published

2016-07-29

Issue

Section

Articles