ANALISIS ARUS KAS DALAM MENENTUKAN TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN PADA PT. PELABUHAN INDONESIA (PELINDO) III CABANG CELUKAN BAWANG

Authors

  • M Mustakim .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v6i3.8796

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang tingkat likuiditas PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Celukan Bawang berdasarkan analisis laporan arus kas dengan menggunakan rasio lancar, rasio cepat, rasio kas dan rasio modal kerja terhadap total aset. Data yang dikumpulkan selama penelitian secara sistematis mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat dari obyek yang diteliti dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Hasil penelitian ini adalah penerimaan dari kegiatan operasional perusahaan masih mampu untuk membiayai pengeluaran operasional perusahaan. Aruskasdari aktivitas investasi setiap tahunnya bernilai negatif karena pengeluaran perusahaan untuk perolehan aset tetap lebih besar setiap tahunnya. Aruskas dariaktivitas pendanaan bernilai 0 (nol) karena tidak terdapat aktivitas baik penanaman modal maupun pembayaran atas modal yang telah ditanamkan. Apabila dilihat secara keseluruhan arus kas perusahaan mengalami surplus pada tahun 2012, 2013 dan 2014. Sedangkan pada tahun 2010 dan 2011 arus kas perusahaan bernilai negatif yang disebabkan karena adanya pengeluaran operasional yang lebih besar dari penerimaan perusahaan. Apabila dilihat secara keseluruhan arus kas perusahaan mengalami surplus pada tahun 2012, 2013 dan 2014. Sedangkan pada tahun 2010 dan 2011 arus kas perusahaan bernilai negatif yang disebabkan karena adanya pengeluaran operasional yang lebih besar dari penerimaan perusahaan.
Kata Kunci : Analisis Laporan Arus Kas, Likuiditas

This researches was researching the liquidity level of Ltd. Pelabuhan Indonesia (pelindo) III branch Celukan Bawang based on current cash analysis report used smooth ratio, fast ratio, cash ratio and financial capital work ratio concerning on completely modal. The datas collectioning since systematic researches about facts and characteristics from object researche using quantitative descriptive method. The sampling methods has been used is surfeited sample. Revenue from operational company activity still capable to defray operational company expulsion is the result of these researches. Current cash from investment activity in every year has negative valuable caused of company expulsion for modal acquisition presistent more excessively per year. Current cash from financing activity has 0 (zero) valuable because not be found the activity, here is investment capital although payment modal that already invested. The company current cash totality was experiencing ascension of profit in 2012, 2013 and 2014. Meanwhile in 2010 and 2011 the current cash company in negative caused of operational expulsion more big than revenue.
keyword : Analysis Statement of Cash Flows , Liquidity

Published

2016-11-04

Issue

Section

Articles