PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI PROGRAM S1 ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Authors

  • Komang Tika Ariantini .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.9387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan sosial terhadap pemahaman akuntansi secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 akuntansi yang sudah mengambil semua mata kuliah dan sedang menyusun skripsi pada perguruan tinggi negeri Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, dengan jumlah sampel 71 responden, sampel dipilih menggunakan metode convinience sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program statistical package for social sciences (SPSS) for windows versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai signifikan 0,007 < 0,05, kecerdasan spiritual berpengaruh negatif terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, dan kecerdasan sosial berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,016 < 0,05. Secara simultan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan sosial berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05.
Kata Kunci : kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, dan pemahaman akuntansi

The study aimed at testing the effect of emotional intelligence, spiritual intelligence, and social intelligence on the process of understanding the concept of accountancy both partially as well as simultaneously. It utilized a quantitative design with causal approach. The data were obtained from a primary source. There were about 71 respondents involved as the population, consisted of the students of Accountancy Department S1 program who had already completed all the courses of the program and were writing their thesis at the Ganesha University of Education. The samples were selected based on convinience sampling technique. The analysis was conducted by using multiple linear regression supported by statistical package for social sciences (SPSS) program for windows versi 20. The results of the study indicated that partially, the emotional intelligence had a positive effect on understanding the concept of accountancy with a significant score of 0,007 < 0, 05, spiritual intelligence had a positive effect on understanding the concept of accountancy with a significant score of 0,001 < 0,05, and social intelligence had a positive effect on the process of understanding the concept of accountancy with a significant score of 0,016 < 0,05. While simultaneously the emotional intelligence, spiritual intelligence, and social intelligence on the process of understanding the concept of accountancy with a significant score of 0,001 < 0, 05.
keyword : emotional intelligence, spiritual intelligence, and social intelligence, and understanding the concept of accountancy

Published

2017-02-17

Issue

Section

Articles