PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN KARYAWAN, JENIS KOPERASI, DAN UKURAN KOPERASI TERHADAP KUALITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN (Studi Kasus Pada Koperasi Di Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Komang Kertiasih .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.9583

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris dari pengaruh tingkat pendidikan karyawan, jenis koperasi, dan ukuran koperasi terhadap kualitas sistem pengendalian intern. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan dilakukan dengan teknik nonprobability sampling yaitu dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah koperasi-koperasi yang masih aktif, sudah beroperasi lebih dari satu tahun, dan sudah melakukan RAT. Dengan menggunakan sampel sebanyak 52 koperasi, dan setiap koperasi digunakan 3 responden (pengurus, manajer, dan karyawan) sehingga diperoleh 156 kuesioner. Data yang diperoleh berupa jawaban dari responden di tabulasi dan kemudian diolah dengan menggunakan analisis data kuantitatif, analisi deskriftif, asumsi klasik dan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial tingkat pendidikan karyawan, jenis koperasi, dan ukuran koperasi berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kualitas sistem pengendalian intern. Dan secara simultan tingkat pendidikan karyawan, jenis koperasi, dan ukuran koperasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas sistem pengendalian intern.
Kata Kunci : tingkat pendidikan karyawan, jenis koperasi, ukuran koperasi, sistem pengendalian intern

This study was aimed at obtaining empirical evidence of the effect of workers’ education, type of cooperative, and size of cooperative on the quality of internal control system. This study was a quantitative research and used non-probability sampling technique that is, by using purposive sampling. The sample consisted of active cooperatives that have operated more than 1 year, and have held members annual meetings. With a sample of 52 cooperatives, 3 respondents for each (1 organizer, 1 manager, and 1 worker) 156 questionnaires were collected. The data in the form of answers from the respondents were tabulated and then processed using quantitative data analysis, descriptive analysis, classical assumption and multiple regression analysis. The results showed that partially, the level of education of the worker, type of cooperative, and size of cooperative have positive and significant effect on the quality of internal control system. And simultaneously, worker’s level of education, type of cooperative, and size of cooperative have positive and significant effect on the quality of internal control system.
keyword : worker’s level of education, Type of Cooperative, size of cooperative, internal control system

Published

2017-02-28

Issue

Section

Articles