PENGARUH GIRO, TABUNGAN, DEPOSITO, DAN KREDIT MODAL KERJA TERHADAP RENTABILITAS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2014

Authors

  • Ni Putu Kamanila .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.9738

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh giro, tabungan, deposito, dan kredit modal kerja terhadap rentabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI pada periode 2010-2014. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang sudah terdaftar di BEI minimal 10 tahun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 15 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan data di analisis dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel giro, tabungan, deposito, dan kredit modal kerja berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas. Secara simultan variabel giro, tabungan, deposito, dan kredit modal kerja juga berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas.
Kata Kunci : Giro, Tabungan, Deposito, Kredit Modal Kerja, Rentabilitas, Bank

This study aims to determine the effect of current accounts, savings, deposits, and working capital credit to profitability in banking companies listed in Indonesia Stock Exchange in the period 2010-2014. The population in this study is a banking company that is already listed on the Indonesia Stock Exchange at least 10 years. The sampling technique used in this research is purposive sampling, in order to obtain a sample of 15 banking companies listed in Indonesia Stock Exchange. This research is a quantitative research using secondary data. The analytical method used in testing the hypothesis in this study is multiple regression analysis and the data were analyzed using SPSS version 23 software. The results showed that in partial checking, savings, deposits, and working capital credit significantly influence profitability. Simultaneously, the variable current accounts, savings, deposits, and working capital credit are also significant effect on profitability.
keyword : Current Accounts, Savings, Deposits, Working Capital Credit, Profitability, Bank

Published

2017-03-03

Issue

Section

Articles