Pengaruh Model Pbl Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada

Authors

  • Putu Era Primayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan secara simultan sikap sosial dan kemampuan berpikir kritis matematika kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) perbedaan sikap sosial kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 3) perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan The Post Test Only Control Group Design. sampel pada penelitian ini berjumlah 55 siswa dari kelas eksperimen 25 siswa dan kelas kontrol 30 siswa yang diambil dengan sistem undian. Instrument yang digunakan yaitu kuisioner dan tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan inferensial yaitu uji manova. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan secara simultan sikap sosial dan kemampuan berpikir kritis matematika kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional 2) terdapat perbedaan sikap sosial kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional 3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional

 

Kata Kunci: PBL bermuatan kearifan lokal, sikap sosial, kemampuan berpikir kritis.

References

Agustin, V. N. 2013. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL).” Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Anggreni. N.W., Ristiati. N. P., Widyanti. N. L. P. M. 2013. “Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA.” Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ari Yudani, N.Km. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Questions Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa.” Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Astawan,I.G., Suryadarma. I.G.P., Sujarwo. 2018. “Ilmu Pengetahuan Alam Bermuatan Kearifan Lokal Untuk Siswa Kelas IV SD.”

Dinasti, K. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Berbantuan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Semester II SD NO 4 Kampung Baru Singaraja Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi (Tidak diterbitkan): Universitas Pendidikan Ganesha.

Fitriyani, I.Gn., Suwatra., I.,Wy., Kusmariyatni., Nym. 2015. “Pengaruh Model Savi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SD.” Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Gunantara. G., Suarjana. M., Nanci Riastini. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based LearningUntuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V.” Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khori. W., Rochmad., Adi. N. C. 2013. “Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” Semarang: Kampus Sekaran Gunungpati.

Rusmin, T. 2015.”Pemerdayaan Kearifan Lokal Memacu Kesetaraan Komunitas Adat Terpencil.”

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: A-Ruzz Media.

Siswantara, I Kadek Agus. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil BelajarHasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Kesiman Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi (Tidak diterbitkan): Universitas Pendidikan Ganesha.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supriadi, I Made, Kadek. 2013. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Berbantuan Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Gugus Ubud Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi (Tidak diterbitkan): Universitas Pendidikan Ganesha.

Vendiagrys. L., Iwan. J., Masrukan. 2015. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe Timss Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL).” Semarang: Universitas Negeri Semarang

Downloads

How to Cite

Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pbl Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 86–95. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417

Issue

Section

Articles