Keefektifan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Sheila Rosa Firdayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Filia Prima Artharina Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Veryliana Purnamasari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design bentuk One Group Pretest Posttest Design. Subyek penelitian melibatkan seluruh siswa kelas V SD Negeri Pleburan 01 Semarang. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran. Pengujian statistik menggunakan uji normalitas awal dan akhir, uji hipotesis (t-test) dan uji ketuntasan individu maupun klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika mengalami peningkatan setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Posing.

 

Kata kunci: model pembelajaran problem posing, pemecahan masalah matematika

 

References

Noer, Sri Hastuti. 2017. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika.

Hadi, Soetarto, Radiyatul. 2014. “Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 53-61. DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Thobroni, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2019-09-05

How to Cite

Firdayanti, S. R., Artharina, F. P., & Purnamasari, V. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 57–62. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20710

Issue

Section

Articles