Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas I SD pada Keterampilan Menyimak Siswa

Authors

  • Ayu Putu Intan Yulia Lestari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27419

Keywords:

Tindak Pembelajaran Guru, Keterampilan Menyimak

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan menyimak siswa sudah baik, sehingga dilakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai kiat-kiat khusus yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk tindak pembelajaran guru kelas I SD dan alasan–alasan yang melatarbelakangi guru kelas I SD dalam menampilkan tindak pembelajaran pada peningkatan keterampilan menyimak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian etnografis. Data penelitian yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisis data menggunakan model induktif–interaktif berupa reduksi data, paparan data dan verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kontribusi tindak pembelajaran guru pada peningkatan keterampilan menyimak kategori structuring, guru cenderung meminta siswa untuk berkonsentrasi menyimak pelajaran, mengerjakan tugas dan membuka buku pelajaran. Kategori soliciting, tindak pembelajaran yang cukup sering dilakukan guru adalah memberi pertanyaan kepada siswa. Pada kategori reacting, guru cenderung memberi penguatan kepada siswa. Sedangkan pada kategori student responding, umumnya respons yang ditunjukkan siswa adalah menjawab pertanyaan guru, memahami penjelasan guru dan mendengarkan perintah guru. Tindak pembelajaran nonverbal yang menyertai pada peningkatan keterampilan menyimak siswa yaitu guru menunjukkan ekspresi semangat, mudah tersenyum dan sesekali menegur siswa yang ribut. Adapun alasan-alasan yang melatarbelakangi guru melakukan tindak pembelajaran tertentu. Pertama, agar siswa memahami apa yang dijelaskan oleh guru. Kedua, agar siswa lebih termotivasi dalam menjawab pertanyaan guru. Ketiga, guru memiliki harapan agar siswa yang diasuhnya menjadi anak yang disiplin.

Author Biographies

Ayu Putu Intan Yulia Lestari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Maria Goreti Rini Kristiantari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Amrizal, Desilawati. 2014. “Guru Profesional Di Era Global”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 20, Nomor 77 Tahun 2014.

Harini, Juni Seri. 2014. “Pengaruh Metode Simak – Kerjakan Terhadap Hasil Belajar Menyimak Cerpen Siswa Kelas V SD Negeri 17 Dauh Puri”. Jurnal MIMBAR Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1 Tahun 2014.

Idzhar, Ahmad. 2016. “Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Office. Volume 2, Nomor 2 Tahun 2016. (hlm. 222-228).

Irtadji, Moh. 2014. “Tindak Pembelajaran Guru yang Menumbuhkembangkan Kreativitas Siswa”. Jurnal Pendidikan Humaniora. Volume 2, Nomor 1 Tahun 2014. (hlm. 1-10). DOI: https://doi.org/10.17977/jph.v2i1.4438

Miles & Huberman. 1984. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Misrawati. 2017. “Peranan Guru BK dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Layanan BK Kelompok”. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. Volume 1, Nomor 2 Tahun 2017. (hlm. 65-68). DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.3482

Nur, Rezky Jurniasih. 2017. “Studi Etnografi Pada Suku To Balo di Desa Bulo – Bulo Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru Sulawesi Selatan”. Jurnal PENA. Volume 3. Nomor 2 Tahun 2017. (hlm. 503-515).

Nurhayani, Isma. 2010. “Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Volume 4, Nomor 1 Tahun 2010. (hlm. 54-59).

Praheto, Biya Ebi. 2017. “Penerapan Teknik 5R Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD FKIP UST”.Volume 29, Nomor 2 Tahun 2017. (hlm. 110-117). DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5625

Rosdia. 2013. ”Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Mendongeng Siswa Kelas VI SDN Sese”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4, Nomor 8 Tahun 2013. (hlm. 250- 267).

Satria, Tio Gusti. 2017. “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas IV Jakarta Barat”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 10, Nomor 2 Tahun 2017. (hlm. 114-140). DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.114-120

Sukadari. 2015. “ Penelitian Etnografi Tentang Budaya Sekolah Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan. Volume 3, Nomor 1 Tahun 2015. (hlm. 58-68). DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7812

Sutrisno. 2016. “Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan”. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 5 Tahun 2016. (hlm. 29-37). DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56

Syahputra, Irwan M. 2019. “ Memori Wanita dalam Mulitasking Kajian Neuropsikologinguistik”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 3, Nomor 2 Tahun 2019. (hlm. 192-195).

Warsono. 2017. “Guru: Antara Pendidik, Profesi, dan Aktor Sosial”. The Journal of Society & Media. Volume 1, Nomor 1 Tahun 2017. (hlm. 1-10). DOI: https://doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p1-10

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Lestari, A. P. I. Y., Kristiantari, M. G. R., & Suniasih, N. W. (2020). Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas I SD pada Keterampilan Menyimak Siswa. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27419

Issue

Section

Articles