Efektivitas Model Project Based Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • I Gede Hendra Nata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.32219

Keywords:

Project Based Learning, Tri Kaya Parisudha, Kompetensi Pengetahuan IPS

Abstract

Berdasarkan observasi kepada siswa, perhatiannya kurang terfokus terhadap pengarahan guru saat proses pembelajaran, sehingga mempengaruhi kompetensi pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Model Project Based Learning berbasis Tri Kaya Parisudha Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa SD. Penelitian ini berjenis penelitian library reaserch, dengan tipe deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penelitian ilmiah, jurnal-jurnal ilmiah dan wawancara kepada peneliti yang telah melakukan penelitian sejenis namun dari sudut pandang berbeda. Tahap analisis yaitu mengkaji dua penelitian menggunakan analisis koofesien Cohen’s d dan merata-ratakan hasil efektivitas dari kedua penelitian. Hasil dari analisis penelitian yang sejenis dan pemaparan berbagai sumber yang terkait  diproleh efektivitas penelitian 1 yaitu 0,111, penelitian 2 yaitu 0,193 dan rata-ratanya yaitu 0,152 maka Efektivitas Model Project Based Learning berbasis Tri Kaya Parisudha Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa SD besaran pengaruh yang diamati dapat diklasifikasikan Kecil namun model pembelajaran tersebut  masih dapat dikatakan efektiv digunakan.

Author Biographies

I Gede Hendra Nata, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Wayan Sujana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Ariyanti, M. (2017). Perbandingan keefektifan model project-based learning dan problem-based learning ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 121800. DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13469

Arianti, N. N. S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2 (1) DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15335

Atmaja, K. A. K., Suniasih, N. W., Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Consept Song Berbasis Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Sukawati Tahun Pelajaran 2018/2019. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).

Daryanto, dkk. 2014. Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, N. P. C., Negara, I. G. A. O., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v1i1.14617

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201–212. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri .

Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Think Pair Share Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMKN 3 Malang. Jurnal Pendidikan, 3(2), 80–85. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85

Lasmawan, I. W. (2016). pendidikan ips. Mediakom Indonesia Press Bali.

Mulyadi, Eko. 2015. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4). DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836

Niswara,R., Muhajir., Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2) DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950

Nurhayati. 2020. Telaah Kurikulum (Sebuah Pengantar Mata Kuliah Telaah Kurikulum di Perguruan Tinggi Agama Islam Yang Mengacu Pada KKNI). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Parmajaya, I. P.G. (2017). Ajaran Tri Kaya Parisudha sebagai Landasan Pendidikan Nilai Moral dan Etika dalam Membentuk Karakter Anak. Journal article Purwadita.

Prasojo, L. D., Wibowo, U. B., Hastutiningsih, A. D. (2017) . Manajemen Kurikulum Program Guru Untuk Derah Terdepan, Tertular, Dan Tertinggal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.538

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 177–182. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Puja. 1981. Sarasmuscaya. Jakarta: Departemen Agama.

Rando, A. R., & Wali, M. (2018). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 74–82.

Segara, N. B. (2016). Pentingnya Pemahaman Jati Diri Keilmuan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS. Edunomic, 04(1), 51–59.

Setiadewi, N. P. L., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2019). Kontribusi konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan ips. Mimbar Ilmu, 24(3), 287–298. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21421

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhardana, K.M. 2007. Tri Kaya Parisudha Bahan Kajian Untuk Berpikir Baik Berkata Baik dan Berbuat Baik. Surabaya: Paramitha.

Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. MIMBAR PGSD Undiksha, 20(1), 127–145.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutrisna. (2021). Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia

waWahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip Umsu. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88.

Wahidmurni, H. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Wibawa, I. B., Suadnyana, I. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 136–143. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15496

Downloads

Published

2021-02-21

How to Cite

Nata, I. G. H., & Sujana, I. W. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.32219

Issue

Section

Articles