Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika

Authors

  • Intan Diyah Retno Palupi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Theresia Sri Rahayu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33451

Keywords:

GI, TGT, berpikir kritis, meta-analisis

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematika sangat penting dikembangkan, untuk itu diperlukan adanya proses pembelajaran matematika yang banyak melibatkan siswa secara aktif khususnya dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektivitas model pembelajaran Group Investigatin (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis Matematika. Penelitian yang digunakan adalah kajian meta-analisis, dengan mengumpulkan beberapa artikel serta jurnal yang relevan. Penelitian ini menggunakan beberapa Uji Prasayarat. Untuk menentukan Uji rata-rata penelitian ini menggunakan Uji Ancova untuk mengetahui perbedaan pada model pembelajaran, kemudian dihitung dengan teknik Effect Size berbantuan SPSS 24.00 for Windows. Hasil analisis data diperoleh bahwa Teams Games Tournament lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika dibandingkan Group Investigation. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil data dengan nilai signifikasi > 0,05, dalam Uji Ancova mendapatkan hasil bahwa nilai posttest model pembelajaran Group Investigation yakni 76,3000 dan 82,2000 untuk model pembelajaran Teams Games Tournament. Kemudian, pada Fhitung diperoleh nilai 10,751 dan untuk  Ftabel diperoleh hasil 3,59, maka Fhitung  > Ftabel dengan nilai 10,751 > 3,59 dan signifikasinya 0,004 < 0,05. Untuk Uji Effect Size diperoleh hasil pada Partial Eta Squared yakni 0,297 dengan nilai Siginifikansi 0,004. Maka dapat dinyatakan dari hasil tersebut, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model Group Investigation dan model Teams Games Tournament ditinjau dari kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran Matematika siswa Sekolah Dasar.

References

Alawiah, L. T., Rahmatina, D., & Febrian, F. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Alat Peraga Pilogma pada Materi Logika Matematika. Jurnal Gantang, 3(1), 55–62. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.384 DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.384

Aprilia, L. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530 DOI: https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30 DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30

Ardithayasa, I. W., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.238872Fjisd.v4i2.25105 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534 DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Cahyadi, M. I. W. (2016). Penerapan Model TGT Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas VB SD Negeri 8 Pemecutan. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7521

Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136

Gazali, R. Y., & Atsnan, M. F. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 123–134. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.15987

Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338 DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Ilham, M., & Hardiyanti, W. E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ips Dengan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Globalisasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 12–29. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.12-29 DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.12-29

Indriani, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 oleh Guru SD/MI di Desa Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Semester Gasal Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal VARIDIKA, 27(1), 43–49. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i1.738 DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v27i1.738

Indriyani, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret Pada Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.67

Indriyani, Dina, Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret Pada Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.67 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.67

Irawan, E. (2016). Implementasi Penanaman Karakter Melalui Matematika Pada Kurikulum 2013. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.4 DOI: https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.4

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94 DOI: https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Mamanda, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 256. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16283 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16283

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Miatun, A., & Khusna, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 269–278. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2703 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2703

Putra, P. G. N., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 84. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19329 DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19329

Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., & Hajizah, M. N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Generative Learning Dan Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 108–117. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2617 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2617

Rizta, A., & Antari, L. (2018). Pengembangan Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Untuk Mahasiswa Calon Guru Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 291–299. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1525 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1525

Sidiq, M. A., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 361–370. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.358 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.358

Sugiyanto, S., Kartowagiran, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 82–95. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4558 DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4558

Suriasa. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Menggunakan LKS Berbasis Scientific Aproach Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 190–204. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4853 DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4853

Syarifah, & Sumardi, Y. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Malcolm’S Modeling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 237–247. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7510 DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7510

Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Ipa Terpadu Dalam Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7606 DOI: https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7606

Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Dan Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Aksioma, 8(2), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876 DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876

Yanwar, A., & Fadila, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis : Dampak Pendekatan Saintifik ditinjau dari Kemandirian Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 9–22. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3204 DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3204

Downloads

Published

2021-04-10

How to Cite

Palupi, I. D. R., & Rahayu, T. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 10–20. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33451

Issue

Section

Articles