Efektifitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika: Meta – Analisis

Authors

  • Ana Yuliyanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
  • Theresia Sri Rahayu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33518

Keywords:

problem solving, group investigation, berpikir kritis, meta-analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Problem Solving dan Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Matematika siswa SD. Metode penelitian ini adalah meta-analisis. Penelitian dimulai dengan dengan merumuskan masalah penelitian dan menguji hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri artikel dan jurnal dengan menggunakan Google Scholar. Hasil analisis data diperoleh bahwa model pembelajaran Group Investigation memiliki peningkatan lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Problem Solving, yakni 15,90% dan 14,06%. Data dianalisis dan diolah menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS). Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pembelajaran Cooperative Learning tipe Problem Solving dan Group Investigation tidak memiliki perbedaan signifikan dengan nilai Sig. > 0,05 dan memiliki kualitas yang sama dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Maka dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD dalam pembelajaran Matematika.

References

Almukarram, Sarong, M. A., & Apriana, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 8. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1066 DOI: https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1066

Anastasia, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JKPM, 2(2), 173–182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2490 DOI: https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2490

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–129. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25 DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Ariasa1, I. K., Wiyasa, I. K. N., & Kristiantari, M. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus Peliatan Ubud. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2225

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017 DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Cahyani, S. D., Khoiri, N., & Setianingsih, E. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sma. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 7(1), 83–93. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17496

Degita, P., Firman, & Efendi, J. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Inkuiri pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.191

Falach, H. N. (2016). Perbandingan keefektifan pendekatan problem solving dan problem posing dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 136. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10635 DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10635

Febrianti, E. S., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe-Group Investigation (Gi) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sma N 8 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 10–14. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.10-14 DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.10-14

Harjilah, N., Medriati, R., & Hamdani, D. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 79–84. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.79-84 DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.79-84

Hidayati, I., Deswita, H., & Afri, L. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 UJUNG BATU. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–6. DOI: https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v6i2:.368

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991

Jumrawarsi, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Find Someone Who terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Gantang, 2(2), 123–129. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.202 DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.202

Permatasari, B. I. (2014). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Superitem dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 11 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 136–154. https://doi.org/10.24252/mapan.2014v2n1a10

Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 361–366. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13263 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13263

Rahman, A., Hartini, S., & An’nur, S. (2015). Perbedaan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Problem Posing dan Problem Solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 44. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.767 DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.767

Suanah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Desain Wix Materi Bangun Ruang Matematika SD Kelas V. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 243. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2412 DOI: https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2412

Supriyanto, I., & Mawardi. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 524–532. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/394/pdf DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.394

Suroyya, D. N., & Rochmad. (2015). Studi Komparasi Pembelajaran Novick Dan Group Investigation Terhadap Kemampuan Spasial Siswa Kelas Viii Materi Geometri. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i1.7448

Wahyuddin, N. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here (Eth) Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Takalar. Al-Kharizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 72–105. DOI: https://doi.org/10.22373/jppm.v2i1.4500

Wana, P. R., Pangestu, W. T., & Agustina, D. A. (2017). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Direct Instruction Pada Siswa Kelas V Sdn Jiwan 01 Madiun. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 83–88. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/837

Wulandari, W., & Wahyudi. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Probem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas 4 The Effectiveness of The Learning Model Problem Solving and Problem Posing Based from Critical Thinking Skill Mathematics for. JSD : JurnalSekolahDasar, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.890 DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.890

Yanti, N. L. M. S. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Educative Games Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ipa Kelas IV Di Gugus IV Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 90–99. https://doi.org/10.23887/JIPP.V1I2.11967

Downloads

Published

2021-04-16

How to Cite

Yuliyanti, A., & Rahayu, T. S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika: Meta – Analisis. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33518

Issue

Section

Articles