Mathematical Reasoning Ability of Grade IV Elementary School Students on Polygon Materials

Authors

  • Gofur Ahmad SD N Tlogomulyo
  • Sary Ryky Mandar SD N Tlogomulyo
  • Sulianto Joko SD N Tlogomulyo

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v4i2.35388

Keywords:

Analisis, Kemampuan Penalaran Matematis

Abstract

Penalaran matematis merupakan salah satu landasan dalam memahami matematika dan merupakan bagian terpenting dalam menggambarkan kesimpulan yang valid tentang ide-ide dan hubungannya. Hanya saja kemampuan penalaran matematis siswa pada satu materi dengan materi lainnya cenderung berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SD pada materi poligon. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan tipe non-interaktif. Populasi dalam penelitian ini adalah 240 siswa sekolah dasar. Sampel dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel akhir 40 siswa kelas IV SD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes dengan instrumen penelitian untuk menguji kemampuan penalaran matematis siswa. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis interaktif berdasarkan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa adalah 61,90, dengan persentase 62% yang berada pada kategori sedang. Oleh karena itu, kemampuan penalaran matematis siswa pada materi banyak segi tergolong teori sedang. Sebagian siswa belum memahami konsep materi dari segi banyak, sehingga proses pembelajaran masih memerlukan bimbingan dari guru dan orang tua.

References

Angela, T. (2014). Challenges to Meaningful Learning in Social Studies – The Key Competencies as an Opportunity to Students’ Active Participation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 128, 192–197. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.142. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.142

Bressington, D. T., Wong, W. kit, Lam, K. K. C., & Chien, W. T. (2018). Concept mapping to promote meaningful learning, help relate theory to practice and improve learning self-efficacy in Asian mental health nursing students: A mixed-methods pilot study. Nurse Education Today, 60(February 2017), 47–55. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019

Efendi, I., Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 21. https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.3081. DOI: https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.3081

Fadillah, A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 15. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.752. DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.752

Fajriyah, L., & Zanthy, L. S. (2019). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal on Education, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.140.

Firnanda, V., & Pratama, F. W. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segitiga Berdasarkan Teori Van Hielle. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 487–498. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.775. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.775

Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453. DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2020). Profil Kemampuan Penalaran Kreatif Matematis Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Elemen, 6(1), 108–127. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1738. DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1738

Iim, M. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Pair. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1235/jri.v1i2.66.

Imran, N. ‘Afifah. (2018). Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Pelanaran dan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 51–60.

Indah, P., & Nuraeni, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Melalui Model PBL dan IBL Berdasarkan KAM. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 165–176. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.931. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.931

Islami, A. N., Rahmawati, N. K., & Yulianto, W. (2020). Eksperimentasi Model Student Facilitator and Explaining dan Probing-Prompting Ditinjau dari Penalaran Matematis. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.687. DOI: https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.687

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528. DOI: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17629. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17629

Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009

Kusumaningtyas, N., Parta, I. N., & Susanto, H. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 107–119. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1019. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1019

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 588–595.

Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 6–12. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1239. DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1239

Nasution, E. Y. P., Gunawan, R. G., & Yulia, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(02), 163–176. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2113. DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2113

Nisa, A., Amir, Z., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(1), 95. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655. DOI: https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655

Nurmalasari, I., & Karimah, D. Z. (2020). Peran Manajemen SDM dalam Lembaga Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 33–44. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i1.14. DOI: https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i1.14

Octriana, I., Putri, R. I. I., & Nurjannah, N. (2019). Penalaran Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan Pmri Dan Lslc. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 131–142. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6714.131-142. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6714.131-142

Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(20).

Pitriati, P. (2019). Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP 30 Padang. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 235–244. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4397. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4397

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(21), 1000–1008. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.304.

Sholihah, I., & Firdaus, Z. (2019). Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 33–46. DOI: https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.1.203-226

Sihombing, C. E., Lubis, R., & Ardiana, N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 285–295. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2540. DOI: https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2540

Siregar, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pace. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 58–70. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1443. DOI: https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1443

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. INVENTA, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 14. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.14-29. DOI: https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.14-29

Suci, D. W., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 505–512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371

Syaripuddin, S., Fauzi, A., & Ariswoyo, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTS Melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Matheducation Nusantara, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32696/jmn.v3i2.142.

Wahyuni, Z., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 81–92. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.920. DOI: https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.920

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Widiati, Y., Kamid, K., & Anggerein, E. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Persepsi Siswa Terhadap Materi Operasi Aljabardi Kelas VII SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 83–90. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1951. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1951

Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Pendidikan Hindu Melalui Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 48. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1151. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1151

Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Flipped Classroom : Model Pembelajaran untuk Mencapai Kecakapan Abad 21 Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 372. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3209. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3209

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414

Downloads

Published

2021-06-13

How to Cite

Ahmad, G., Mandar, S. R., & Joko, S. (2021). Mathematical Reasoning Ability of Grade IV Elementary School Students on Polygon Materials. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(2), 62–67. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i2.35388

Issue

Section

Articles